Rabu, 20 Juli 2016

Langkah Praktis Menulis via Blog Mulai dari Nol

Rekan-rekan semua, berikut akan saya paparkan bagaimana tips praktis membuat blog dengan blogger. Mari kita ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Bagi yang belum punya email, masuk ke www.gmail.com
  2. Pilih Buat akun
  3.  Isi formulir pada tampilan berikut dan ikuti langkah sampai konfirmasi bahwa email sudah aktif.
  4.  Jika email sudah aktif, silahkan masuk ke www.blogger.com

  5. Klik Tambahkan Akun pada tampilan berikut :
  6. Setelah muncul tampilan di bawah ini, Masukkan email rekan-rekan semua, sebagai contoh saya masukkan email saya ary.smknkadipaten@gmail.com, klik berikutnya, lalu isikan password email rekan-rekan semua.
  7. Pilih Buat Profil Google+ lalu ikuti langkah selanjutnya (saya sarankan memakai identitas sesuai KTP, karena kita sedang membuat kartu nama di dunia maya). Sampai muncul seperti di bawah ini atau yang semisalnya (mungkin tampilan berbeda-beda tergantung lengkapnya langkah yang diambil). Lalu, pilih Lanjutkan ke Blogger
  8. Pilih Blog Baru pada tampilan berikut :
  9. Isi Judul, ini akan menjadi judul blog rekan-rekan semua. Misal saya isi judulnya Penulis Rajin Berbagi (Silahkan rekan-rekan cari judul yang menjadi kekhasan masing-masing).

  10. Kemudian isi alamat, usahakan yang mudah untuk dihapal oleh orang lain ya. Ini tidak mesti sama dengan judul blog. Tetapi karena saya buat contoh, saya bikin sama saja. Oh iya, alamat harus ditulis menyambung berupa huruf semua (tanpa spasi). Blogger akan memeriksa ketersediaan alamat, jika memang alamat kita belum pernah dipakai oleh orang lain, akan muncul Alamat blog ini tersedia. Dan pastinya di belakang alamat yang kita tuliskan akan ditambahi .blogspot.com atau blogspot.co.id. (Catt: ke depannya bisa kita ubah jika kita ganti domainnya). Kemudian pilih Template sesuai selera, saya memilih Sederhana.
  11. Tarik scroll ke bawah, pilih buat blog, lalu tunggu sebentar hingga tampilan layar seperti ini :
  12. Alhamdulillah...!!! Blog kita sudah jadi. Eits, tunggu dulu! mari kita klik Lihat Blog kok kosong seperti ini?
  13. Iya karena kita belum entri karya apapun. Mari kita klik Entri Baru di sudut kanan atas.  Hingga muncul tampilan berikut :
  14. Mari mulai berkarya! Kita isi Judul pos. Kemudian kita isi badan tulisan, untuk pertama bisa kita isi dengan Insert Image dengan meng-klik ikonnya.
  15. Kemudian Pilih File pada tampilan berikut :
  16.  Setelah gambar dipilih dan muncul tampilan berikut, yakni gambar yang kita pilih. Klik Add selected. 

  17. Maka kita akan kembali ke rancangan tulisan di blog kita. Mari kita isi tulisan, bisa juga kita copas dari tulisan yang ada di Ms Word.
  18. Kita klik Label. Kita isi sesuai dengan jenis tulisan kita, misal Artikel, Puisi, Cerpen dan sebagainya. Karena tulisan yang saya buat adalah Artikel, maka saya tulis Artikel.

  19. Lalu kita klik Simpan (jika masih draft) dan klik Publikasikan (jika sudah fix dan siap dipublikasikan).
    Catt : jika muncul seperti di bawah ini, ini adalah layanan Google+, maka tulisan kita pun bisa langsung di-share di Google+.
  20. Alhamdulillah, blog kita sudah terisi Artikel bermanfaat !
    Sebagai tambahan, jika rekan-rekan melihat tanda ikon ini hanya akan muncul jika kita masuk sebagai admin. Ikon itu merupakan salah satu fasilitas untuk mempermudah kita memperbaiki tampilan blog. 
     Rekan-rekan penulis semua, sekian dulu ya tips membuat blog dari saya. Untuk blog yang saya buat contoh barusan, bisa diakses di http://penulisrajinberbagi.blogspot.co.id/. Selamat berkarya! Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat, serta bisa membantu untuk Personal Branding kita masing-masing. Aamiin. (Ary H. - Penulis Pendidik binaan Akademi Menulis Kreatif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar